Freelancer

01-Mar-2024

Cara Pasang SSL Gratis Letʼs Encrypt WordPress

Cara Pasang SSL Gratis Letʼs Encrypt WordPress Mengamankan website menjadi prioritas utama bagi pemilik situs web. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah [...]

Cara Pasang SSL Gratis Letʼs Encrypt WordPress

Mengamankan website menjadi prioritas utama bagi pemilik situs web. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah memasang SSL (Secure Socket Layer) pada situs web. SSL merupakan protokol keamanan yang mengenkripsi komunikasi antara server dan pengguna. Jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform CMS (Content Management System) untuk situs web Anda, Anda dapat dengan mudah memasang SSL gratis menggunakan Let's Encrypt. Artikel ini akan mengulas langkah-langkah untuk memasang SSL gratis Let's Encrypt pada WordPress.

1. Pemahaman Dasar SSL dan Let's Encrypt

Sebelum memasang SSL pada situs WordPress, penting untuk memahami konsep dasar tentang SSL dan Let's Encrypt. SSL menjamin keamanan dan privasi data yang dikirimkan dari server ke pengguna. Let's Encrypt adalah Certificate Authority (CA) yang menyediakan sertifikat SSL gratis dan terbuka untuk semua orang.

2. Persiapan Sebelum Memasang SSL pada WordPress

Sebelum memasang SSL pada WordPress, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, antara lain:

a. Memastikan Hosting Mendukung SSL

Pastikan penyedia hosting Anda mendukung pemasangan SSL. Beberapa penyedia hosting mungkin menyediakan layanan SSL gratis melalui integrasi dengan Let's Encrypt, sementara yang lain mungkin memerlukan langganan atau biaya tambahan.

b. Membackup Situs Web

Selalu penting untuk membuat backup situs web sebelum melakukan perubahan signifikan seperti memasang SSL. Hal ini untuk menghindari kehilangan data yang tidak terduga.

c. Memperbarui Alamat URL

Pastikan alamat URL situs web Anda sudah diperbarui dari HTTP menjadi HTTPS setelah memasang SSL. Ini akan memastikan semua halaman situs web menggunakan protokol yang aman.

3. Memasang Let's Encrypt pada WordPress Melalui Hosting Panel

Beberapa penyedia hosting mungkin menyediakan fitur pemasangan Let's Encrypt secara langsung melalui panel hosting mereka. Berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa Anda ikuti:

a. Masuk ke Panel Hosting

Masuk ke panel hosting Anda menggunakan kredensial yang telah diberikan oleh penyedia hosting Anda.

b. Cari dan Pilih Let's Encrypt

Cari opsi Let's Encrypt pada panel hosting Anda. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian keamanan atau SSL/TLS.

c. Pilih Domain yang Akan Dipasangi SSL

Pilih domain yang ingin Anda pasangi SSL dari daftar domain yang tersedia di panel hosting Anda.

d. Aktifkan SSL

Aktifkan SSL untuk domain yang telah dipilih dan ikuti petunjuk yang diberikan pada panel hosting. Biasanya, proses ini hanya memerlukan beberapa langkah sederhana.

4. Memasang Let's Encrypt pada WordPress Menggunakan Plugin

Jika hosting Anda tidak menyediakan fitur pemasangan Let's Encrypt secara langsung melalui panel hosting, Anda dapat menggunakan plugin seperti "Really Simple SSL" untuk memasang SSL pada WordPress. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Instal Plugin "Really Simple SSL"

Pergi ke dashboard WordPress Anda, cari plugin "Really Simple SSL" dan instal plugin tersebut.

b. Aktifkan Plugin

Aktifkan plugin "Really Simple SSL" setelah selesai menginstalnya.

c. Aktivasi SSL

Ketika plugin sudah aktif, akan ada pemberitahuan untuk mengaktifkan SSL. Klik tombol "Go ahead, activate SSL!" untuk mengaktifkannya.

d. Mengonfigurasi SSL

Plugin akan melakukan konfigurasi SSL secara otomatis untuk Anda. Setelah itu, periksa situs web Anda untuk memastikan SSL telah diaktifkan dengan sukses.

5. Memverifikasi dan Memperbarui SSL

Setelah memasang SSL pada WordPress, pastikan untuk memverifikasi dan memperbarui sertifikat SSL secara berkala. Hal ini akan memastikan keamanan dan validitas SSL pada situs web Anda.

Kesimpulan

Mengamankan situs web dengan SSL sangat penting untuk menjaga keamanan dan privasi data pengguna. Dengan menggunakan Let's Encrypt, Anda dapat memasang SSL gratis dengan mudah pada situs WordPress Anda. Ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, dan pastikan untuk memeriksa dan memperbarui SSL secara teratur. Dengan SSL terpasang, pengunjung situs web Anda akan merasa lebih aman dan Anda juga akan mendapatkan manfaat positif dalam penilaian SEO.

Terimakasih untuk share:
By Triharda.com
Close
Chat/Call
I am here for you
Budi Haryono
Freelancer