Jika Anda belum memiliki ide kemana akan menghabiskan liburan akhir tahun ini, Anda mungkin bisa mencicipi sensasi traveling selama 2 hari 1 malam di Ujung Genteng yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Apa sih yang membuat destinasi wisata ini menarik? Yang pasti Anda akan dimanjakan dengan pesona alam yang ciamik khususnya jika Anda menggemari wisata pantai dan air terjun. Anda akan menemukan pasir putih yang terhampar dengan bersih sepanjang pantai dengan kontur yang landau yang membuatnya sangat nyaman untuk bersantai ria. Dan pastinya, jangan lewatkan sunset yang sangat cantik di pantai-pantai tersebut.

wisata ujung genteng 2 hari 1 malam

Menuju ke Ujung Genteng

Bagaimana untuk bisa sampai ke Ujung Genteng? Ada dua pilihan transportasi yang bisa Anda pilih yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika Anda memilih transportasi umum, pastikan Anda mencapai terminal Sukabumi dan kemudian menyambung angkutan kota yang mengarah ke terminal Lembur Situ. Dari terminal tersebut, Anda bisa menaiki bus jurusan Surade. Ketika sudah tiba di terminal Surade Anda bisa naik angkutan kota jurusan Ujung Genteng. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mencapai Ujung Genteng dalam waktu 3-4 jam perjalanan dari Sukabumi.

Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan selama 2 hari dan 1 malam di Ujung Genteng? Nah, ini dia daftar tempat-tempat yang wajib Anda kunjungi selama liburan 2 hari 1 malam Anda di sana.

Hari Pertama

  1. Pantai Tenda Biru

Pantai ini tidak ada hubungannya dengan lagu Desi Ratnasari “Tenda Biru”. Keasrian pantai ini sangat terjaga karena berada di wilayah hutan lindung yang dijaga langsung oleh TNI AU. Untuk masuk ke pantai ini, Anda hanya harus membayar Rp 5.000 saja. Jika Anda datang ke pantai ini saat air surut, Anda terbilang beruntung karena Anda bisa berjalan dari bibir pantai ke tengah sejauh 200-300 meter dan Anda akan menemukan hamparan pasir putih dan juga batu karang yang sangat cantik.

pantai minajaya ujung genteng

  1. Pantai Minajaya

Mirip dengan Pantai Tenda Biru, jika Anda datang saat air surut, Anda bisa melihat banyak orang yang mencari rumput laut serta lobster. Anda bisa sekalian berwisata kuliner di sini dengan membeli ikan ataupun seafood lain yang masih segar dan langsung dimasak di saung-saung yang berada di pinggir pantai.

  1. Pantai Pangumbahan

Pesona pantai ini memang sangat menawan dengan pasir putihnya. Ombak pantai juga sangat menarik yang membuat banyak wisatawan asing berselancar. Anda juga akan menemukan tempat penangkaran penyu di sana. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat momen pelepasan tukik (anak penyu) kembali ke pantai yang akan membuat Anda merasa terharu.

penginapan ujung genteng

Hari Kedua

  1. Pantai Amanda Ratu

Pantai ini merupakan bagian dari villa Amanda Ratu yang membuat Anda bisa melepas penat dengan menikmati pemandangan laut dan deburan ombaknya yang cantik dan menenangkan.

  1. Curug Cikaso

Air terjun ini memiliki keindahan yang susah digambarkan. Suasana yang masih asri yang membuatnya tampak lebih menarik. Dari tempat parker kendaraan, ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan untuk mencapai lokasi air terjun. Yang pertama adalah dengan berjalan sekitar 5 menit sambil menikmati pemandangan kiri kanan yang memukau atau Anda bisa naik perahu dengan biaya sekitar Rp 60.000 per rombongan.

curug cikaso ujung genteng

  1. Curug Luhur

Ketika pertama tiba, mungkin Anda akan kecewa dengan curug ini karena ternyata hanyalah sebuah sungai saja. Akan tetapi, jangan terburu-buru pulang. Cobalah untuk turun ke bawah dan Anda akan menemukan pemandangan yang sangat indah. Anda akan menemukan sebuah sungai dengan bebatuan di dasarnya yang membuatnya tampak seperti taman surga.